Soal Latihan Materi Kegiatan 2 (On Service Training)

Pilihlah salah satu jawaban yang tersedia yang paling benar!


1.         Peralatan pembersihan lantai yang berupa floor maintenance machine digunakan untuk proses berikut, kecuali…
A.      Buffing
B.      Shampooing
C.      Brushing
D.      Scrubbing
E.       Polishing

2.         Pilihan jenis kamar yang tepat bagi tamu hotel yang membawa serta keluarga dan menginginkan kamar yang memiliki pintu penghubung untuk mempermudah komunikasi adalah jenis kamar ….
A.      Cabana room
B.      Duplex room
C.      Connecting room
D.      Adjacent room
E.       Adjoining room

3.         Sistem operasional hotel yang umum digunakan saat ini, kecuali…
A.      Pyxis
B.      Fidelio
C.      Chrome
D.      Myoh
E.       Opera

4.         Jika seorang tamu melakukan pemesanan kamar hotel dan mendapatkan harga corporate tanpa membayar deposit, maka tamu tersebut termasuk ke dalam klasifikasi tamu yang melakukan…
A.      Corporate reservation
B.      Direct reservation
C.      Advance reservation
D.      Non-guaranted reservation
E.       Guaranteed reservation

5.         Tamu yang menginap di suatu hotel namun tidak ingin keberadaannya diketahui oleh siapapun disebut dengan….
A.      Sleep out
B.      Incognito
C.      Do not disturb
D.      No show
E.       Black list guest

6.         Dalam front office operations dikenal istilah “6 pm release” yaitu….
A.      Reservasi kamar dengan status guaranteed arrival jika tamu tidak datang sampai pukul 6 sore, maka reservasi akan dibatalkan
B.      Tamu-tamu yang meminta untuk late check out sampai pukul 6 sore
C.      Pemesanan kamar yang akan langsung dibatalkan jika setelah melewati pukul 6 sore tamu tidak datang
D.      Tamu-tamu yang datang secara mandiri ke hotel dan melakukna reservasi paka pukul 6 sore
E.       Pelayanan turn down service di kamar yang selalu dilakukan pada pukul 6 sore

7.         Mesin yang digunakan sebagai alat pemeras pakaian di bagian laundry adalah …
A.      Extractor machine
B.      Washing machine
C.      Pressing machine
D.      Squeezing machine
E.       Drying tumbler

8.         Yang bukan merupakan media dalam pemesanan kamar adalah…
A.      Faximile
B.      Telephone
C.      Surat
D.      Perusahaan
E.       In direct / langsung

9.         Hotel X memiliki 85 kamar single, 140 kamar twin dan 200 kamar double. Jumlah bed sheets yang dibutuhkan Hotel X apabila hotel menerapkan sistem 3 parstock dengan 3 sheets/bed adalah….
A.      3835
B.      5035
C.      5085
D.      3885
E.       5835

10.     Perubahan pemesanan kamar (amandement of reservation) umumnya terjadi karena alasan-alasan tertentu sebagai berikut, kecuali…
A.      Penggantian shift staff reservasi
B.      Perubahan harga
C.      Perubahan tanggal kedatangan dan keberangkatan
D.      Perubahan jenis kamar
E.       Penambahan atau pengurangan jumlah tamu dan jumlah kamar

11.     Menu lengkap disajikan di atas meja panjang, pengunjung bebas mengambil makanan apa saja yang disediakan dengan pembayaran satu harga paket disebut pelayanan…
A.      Buffet service
B.      American service
C.      A’la carte
D.      Service personel
E.       French service

12.     Laporan tentang jumlah reservasi yang ditolak, biasanya terjadi pada saat hotel mengalami fully booked saat peak season adalah…
A.      Today expected arrival list
B.      Reservation histories report
C.      Reservation transaction report
D.      Turn-away report
E.       Three days forcast report

13.     Tamu yang memiliki pemesanan kamar namun tidak datang tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada pihak hotel diidentifikasi sebagai tamu…
A.      Go show
B.      Advance of reservation
C.      Cancellation of reservation
D.      No show
E.       No reservation

14.     Hotel X memiliki 120 kamar, dengan rincian jumlah kamar dengan status occupied (OC) sebanyak 80 kamar, 4 kamar dengan status Do Not Disturb (DD), 30 kamar dengan status Vacant Clean Inspected (VCI) dan 6 kamar dengan status Out of Order (OOO). Persen occupancy hotel adalah…
A.      74,68%
B.      73,68%
C.      70,68%
D.      72,68%
E.       71,68%

15.     Daftar menu dari makanan pembuka hingga penutup atau menu khusus lainnya yang biasa dipilih dan dibayar sesuai dengan jenis makanan yang dipesan adalah…
A.      French service
B.      Banguet
C.      Buffet service
D.      A’la carte
E.       American service

16.     Pemesanan kamar yang dilakukan pada hari yang sama dengan hari kedatangan tamu merupakan bentuk reservasi ….
A.      Advance reservation
B.      Direct reservation
C.      Non-guarateed reservation
D.      Guaranteed reservation
E.       Corporate reservation

17.     Jenis guaranteed reservation yang pembayarannya dilakukan oleh para calon tamu untuk sejumlah harga kamar dan fasilitas yang dipesan selama tinggal sebelum mereka mempergunakan fasilitas/menempati kamar adalah jenis…
A.      Credit card
B.      Advance deposit
C.      Travel agent voucher
D.      Pre payment
E.       Contractual agreement



Kunci Jawaban : Silahkah ajukan request ke mawareksu@gmail.com


Comments

Popular posts from this blog

A Conversation Between a Bellboy and a Guest at a Hotel

Turn Down Service

Cara Merapikan Tempat Tidur (Making Up Bed) di Hotel