Soal Latihan Materi Kegiatan 1 (On Service Training)


Pilihlah salah satu alternatif jawaban yang Anda yakini paling benar

1.     Ciri perjalanan wisata adalah….
A.     Pengakuan diri/prestise
B.     Perjalanan dilakukan dengan menyenangkan
C.     Wisatawan bisa tinggal selamanya
D.     Wisatawan juga bisa mencari nafkah sambil berwisata
E.     Perjalanan dilakukan satu arah (one way)

2.     Sarana untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan yang dapat di…. Serta jasa lainnya adalah sarana….
A.     Transportasi
B.     Akomodasi
C.     Restoran
D.     Amenities
E.     Atraksi

3.     Pada umumnya Organisasi Kepariwisataan dibagi menjadi 2 yaitu Government Tourist Office dan Private Tourist Office, yang termasuk kedalam Private Tourist Office adalah….
A.     ASITA, PHRI, INACA, DISPARDA, IATA
B.     PHRI, ASITA, ASTINDO, DISPARDA, KEMENPAR
C.     ASITA, PHRI, INACA, DISPARDA, KEMENPAR
D.     PHRI, ASITA, ASTINDO, DISPARDA, IATA
E.     PHRI, ASITA, ASTINDO, IATA

4.     Dalam ilmu komunikasi terdapat suatu prinsip komunikasi efektif yang disebut REACH, yaitu ….
A.     Respect, Empathy, Audible, Clearance, Humble
B.     Responsiveness, Empathy, Clarity, Humble
C.     Respect, Empowered, Audible, Clarity, Humble
D.     Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble
E.     Respect, Empathy, Assurance, Clarity, Humble

5.     Salah satu karakteristik produk hotel yaitu tidak tahan lama atau lebih sering disebut…
A.     Intangible goods
B.     Perishable goods
C.     Non perishable goods
D.     Tangible goods
E.     Demage goods

6.    Hotel-hotel yang berada di bawah kepemilikan perusahaan lain atau merupakan unit perusahaan tersebut. Induk perusahaan akan memberikan acuan cara-cara mengelola dan kebijakan-kebijakan atas hotel-hotel yang dimilikinya, hal tersebut merupakan bentuk kerjasama hotel chain yang bersifat….
A.     Private company
B.     Referal group
C.     Kontrak manajemen
D.     Franchise
E.     Parent company

7.     Hotel yang menganut sistem dimana harga kamar termasuk tiga kali makan (pagi, siang, dan malam) merupakan hotel dengan sistem….
A.     Modified American plan
B.     European plan
C.     Continental
D.     Full American Plan/Full Board
E.     Bermuda Plan

8.     Usaha-usaha yang termasuk kedalam usaha jasa wisata adalah…
A.  Biro perjalanan wisata, agen perjalanan wisata, pramuwisata, MICE, akomodasi, impresariat, konsultan pariwisata, informasi pariwisata.
B.    Biro perjalanan wisata, agen perjalanan wisata, pramuwisata, konvensi, perjalanan intensif dan pameran, perusahaan transportasi, impresariat, konsultan pariwisata, informasi pariwisata.
C.  Biro perjalanan wisata, agen perjalanan wisata, pramuwisata, MICE, impresariat, konsultan pariwisata, informasi pariwisata.
D.  Biro perjalanan wisata, agen perjalanan wisata, pramuwisata, MICE, penukaran valuta, impresariat, konsultan pariwisata, informasi pariwisata.
E.    Biro perjalanan wisata, agen perjalanan wisata, pramuwisata, konvensi, perjalanan intensif dan pameran, restoran, impresariat, konsultan pariwisata, informasi pariwisata.

9.     Pola strategi Public Relations yang efektif, harus dilaksanakan dalam beberapa tahap berikut, kecuali:
A.     Planning
B.     Communicating
C.     Evaluation
D.     Fact finding
E.     Branding

10.  Wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari suatu kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati objek dari daya tarik wisata, definisi Kepariwisataan menurut….
A.     Pasal 14 Undang Undang Pariwisata No. 10 Tahun 2009
B.     Prof. Hunzker dan Kraft (1942)
C.     Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. PM85/HK.501/MKP/2010
D.     Undang-undang No. 9 Tahun 1990
E.     PP No. 50 Tahun 2011

Kunci Jawaban: Send your request to mawareksu@gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

A Conversation Between a Bellboy and a Guest at a Hotel

Turn Down Service

Cara Merapikan Tempat Tidur (Making Up Bed) di Hotel